Breaking News

Apa itu Prosesor, Apa Itu Teknologi Fabrikasi, Gimana Cara Membuatnya ?

Apa itu Prosesor, Apa Itu Teknologi Fabrikasi, Gimana Cara Membuatnya ?
Fabrikasi Prosesor
Teknologi - para penggemar teknologi istilah prosesor bukan hal yang aneh, apa yang ada pikirkan ketika ada kata "prosesor" ?, CPU, Otak dari Komputer, dan istilah istilah lainnya.

Namun, seberapakah anda mengenal prosesor ? Disini saya akan menjelaskan nya.

Prosesor merupakan sebuah chip pintar yang biasanya terletak pada komputer dan telepon pintar (smartphone), namun apakah anda berfikir bahwa prosesor terbuat dari pasir ?

Ya, prosesor merupakan sebuah chip yang terbuat dari bahan dasar pasir yang di proses dengan teknologi sedemikian rupa sehingga bisa menjadi sebuah prosesor.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa prosesor merupakan sebuah teknologi yang berperan penting dalam mengubah dunia menjadi seperti sekarang, bahwa prosesor lah yang membuat komputer canggih yang anda pegang sekarang, bahwa prosesor lah yang menjadi otak utama smartphone yang saat ini anda pakai sekarang, dengan teknologi prosesor yang semakin canggih, sehingga bisa menciptakan smartphone atau komputer canggih yang sudah ada sekarang dan untuk masa depan.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, untuk menciptakan sebuah prosesor dibutuhkan waktu yang cukup lama dan dengan banyak tahapan yang tidak semua tahu, dan saat ini pun Indonesia belum bisa memproduksi prosesor di perangkat yang saat ini kita gunakan, hanya perusahaan tertentu dari luar negeri yang kebanyakan membuat prosesor.

Para perusahaan pembuat chip pun dituntut untuk mengembangkan teknologi produksi dikarenakan permintaan pasar dan kompetisi pada bidang ini. Dan untuk setiap perusahaan pun mempunyai teknologi masing masing dalam desain dan pembuatan chip yang mereka produksi, Contohnya: Pada pembuatan CPU intel dengan teknologi 32nm HKMG akan berbeda metode dengan Global Foundries ataupun TSMC.

Apa yang dimaksud dengan proses fabrikasi?

Proses fabrikasi sendiri merupakan langkah dari perusahaan chip untuk mendapatkan win-win solution yang secara garis besar memproduksi chip yang sekecil mungkin dengan kualitas dan performa yang lebih baik yang dapat meningkatkan jumlah produksi dan memangkas biaya produksi secara efisien.

Proses Fabrikasi itu sendiri secara umum dibagi menjadi 3 bagian, yang antara lain:
  • Bagaimana Chip Dibuat
  • Seberapa Besar Ukuran Chip
  • Menggunakan Teknik Apa

Ketika kita membahas tentang fabrikasi dan ukuran prosesor, sering kita melihat dengan acuan nm (nanometer). Pada kasus ini bilangan pada nanometer (nm) suatu prosesor merupakan ukuran dari satuan transistor yang ada didalam CPU maupun GPU itu sendiri. Secara umum semakin kecil suatu transistor berarti lebih efisien terhadap daya listrik dikarenakan jarak tempuh antar transistor yang yang semakin dekat. Semakin murah juga untuk diproduksi, lebih banyak, serta membutuhkan silikon yang lebih sedikit.

Namun, desain dari prosesor itu sendiri juga dapat mempengaruhi performa suatu prosesor, bisa lebih baik maupun lebih buruk meski dengan ukuran transistor yang berbeda, jadi ukuran bukan satu satunya yang harus dipertimbangkan.
Pada satu kepingan chip jumlah transistor dan clock juga dapat mempengaruhi performa CPU, Sebagai Contoh: Jumlah transistor 44 Juta pada Pentium III (base: 400MHz) lebih baik daripada 7,5 Juta transistor pada Pentium II (400MHz). Semakin kecil suatu transistor juga membuat semakin banyak transistor pada suatu kepingan chip.

Contoh teknik Lithography yang digunakan untuk membuat satu transistors mikroskopis pada beberapa lapisan layer.

Sejauh yang saya ketahui teknik untuk memproduksinya, pertama kali wafer silikon yang dilapisi dengan bermacam macam konduktor dan lalu transistor secara bergiliran dicetak menggunakan aplikasi layer microscopic dielectric (insulating) bersama dengan layer photo resistive, dimana nantinya akan digunakan untuk pola jalur chip. setelah itu layer non-photo resistive parts (mask) dihilangkan menggunakan sinar ultra violet dari lensa, memakai titik cahaya tersebut dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Keakuratan dari proses pelapisan, lithography, cetak dan de-masking merupakan suatu kewajiban yang bersamaan dengan semakin kecilnya chip tersebut. 

Dan ini merupakan perkembangan teknologi yang akan terus berkembang untuk mencapai lebih kecil lagi dan untuk mendapatkan prosesor yang lebih efisien.

Jadi kesimpulannya, dengan makin kecilnya nm (nanometer sebuah transistor) dan proses fabrikasi yang lebih baik.

Maka akan didapat chip yang antara lain:
  • Lebih hemat daya
  • Performa yang lebih meningkat
  • Semakin kecil potensi untuk panas
  • inovasi di bidang teknologi yang lainnya

Dan begitulah penjelasan tentang prosesor dan teknologi fabrikasi dari saya, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar yah teman temen.

Thanks

No comments